Iklan Header

Kamis, 27 Juli 2023, 11:29 WIB
Last Updated 2023-07-27T04:29:36Z
Oang-oangPakpak BharatPesta Budaya

Pesta Budaya Oang-Oang 2023 di Buka Bupati Pakpak Bharat

Bupati Pakpak Bharat menggunting pita. (Foto/Istimewa). 

PAKPAK BHARAT, Salak - nduma.id 


Pesta Budaya Oang-oang tahun 2023 dalam rangka penyambutan hari jadi ke-20 Kabupaten Pakpak Bharat di buka, Rabu 26 Juli 2023.


Giat itu digelar selama 3 hari mulai 26 Juli 2023 sampai 28 Juli 2023, dilaksanakan di Kasean Banurea, Salak.


Pembukaan ditandai dengan pemukulan genderang musik tradisional pakpak oleh bupati bersama wakil bupati, Dandim 0206 Dairi, Kapolres Pakpak Bharat, ketua DPRD, tokoh adat.


Bupati Pakpak Bharat dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan pesta Budaya Oang-oang tahun 2023 ini dilaksanakan dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.


"Perbedaan ini adalah bertujuan untuk memunculkan rasa cinta dan rasa memiliki para generasi muda terhadap budaya Pakpak, serta mendukung kreativitas para seniman Pakpak baik secara tradisional maupun modern," kata bupati.


Ketua panitia Pesta Budaya oang-oang tahun 2023, Maranatha Padang BTH dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan serta menggali nilai-nilai adat dan budaya Pakpak.


Melalui perlombaan budaya serta pertunjukan seni dan budaya, menjadi momen untuk tetap menjalin kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat yang dikemas dengan nuansa adat dan budaya Pakpak.


Menurutnya, waktu dan rangkaian kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, di lapangan Napasengkut atau Kasean Banurea Salak.


Adapun event yang di gelar antara lain, di tanggal 26 Juli 2023 pelaksanaan lomba tari tingkat SMA dan SMK dan SMP se Kabupaten Pakpak Bharat dengan jumlah peserta 26 sekolah.


Pelaksanaan tablig akbar, dan hiburan artis-artis Pakpak.


Tanggal 27 Juli 2023 lanjutan pelaksanaan lomba tari tingkat SMA dan SMK serta SMP se-Kabupaten Pakpak Bharat.


Kebaktian kebangunan rohani, hiburan artis-artis pakpak.


Dan terakhir, kata Maranatha di tanggal 28 Juli 2023, makan bersama, penampilan seni drama, tari dan musik (Sendratasik) yang berjudul Merjuma dan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba.


Penulis : Harapan

Editor : Rudi