Iklan Header

Sabtu, 15 Juli 2023, 13:54 WIB
Last Updated 2023-07-18T08:07:08Z
KesehatanPakpak BharatSenam Massal

Kecamatan Salak Senam Massal dan Pengobatan Gratis

 

Senam masal di kecamatan Salak. (Foto/Istimewa).

PAKPAK BHARAT, Salak - nduma.id


Sedikitnya 500 peserta ramaikan senam massal dan pengobatan gratis yang digelar Pemerintah Kecamatan Salakdi di Lapangan Kasean Banurea Salak,  Sabtu 14  Juli 2023


Peserta dari berbagai kalangan, pelajar, lansia, masyarakat umum, Pemerintah Desa, TNI/Polri, UPT, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, dan undangan lainnya.


Camat Salak, Herlita HI Banurea, SE, MAP menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan guna memeriahkan dan menyambut Hari Jadi Kabupaten Pakpak Bharat ke - 20 yang jatuh pada 28 Juli mendatang.


“Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pakpak Bharat ke - 20 telah kami mulai, semoga Kabupaten Pakpak Bharat tetap sehat, semakin nduma dan sejahtera,” ucap Herlita Banurea.


Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor diwakili oleh Plt. Asisten Administrasi dan Pembangunan, Sahat Parulian Boangmanalu, mengapresiasi kegiatan positif yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Salak ini.


“Terimakasih atas partisipasi Kecamatan Salak dan seluruh masyarakat Salak atas dukungannya, atas sambutannya, nduma Kecamatan Salak, nduma Pakpak Bharat, nduma kita karina,” ucap Sahat Boangmanalu.


Sedangkan Puskesmas Salak selaku penanggung jawab membentuk beberapa posko pelayanan membantu mempercepat proses pengobatan gratis ini.


dr. Ebtanas Morina Padang, Kepala Puskesmas Salak menjelaskan, rata-rata pasien yang mereka tangani adalah golongan lansia.


“Hipertensi, dan penyakit tidak menular lainnya, itu yang banyak kita tangani hari ini, target kita 500 pasien akan terlayani hari ini, dan oleh karenanya kita telah membentuk tiga posko pelayanan di sini,” jelas dia.


Salah satu pasien lansia mengaku belakangan mengalami sakit rematik, susah bergerak kalau sedang kambuh.


Nenek 66 tahun itu berharap obat yang diberikan membawa kesembuhan.


Dia mengaku senang bisa bersama Pakpak Bharat di usianya yang ke 20 tahun dan berharap tahun depan bisa bersama lagi di ulang tahun Pakpak Bharat yang ke 21.


Penulis : Raden

Editor : Rudi