Iklan Header

Selasa, 11 Juli 2023, 08:25 WIB
Last Updated 2023-07-12T01:27:20Z
DairiKDRTSosialisasi

Dinas P3AP2KB Dairi Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan KDRT

Foto bersama di acara sosialisasi. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) kabupaten Dairi  menggelar Sosialisasi di Sekretariat Dharma Wanita Persatuan Dairi.


Sosialisasi itu bertajuk pencegahan dan penanganan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan tindak pidana kekerasan seksual, Senin 10 Juli 2023.


Hadir di acara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, juga Penasehat Dharma Wanita Persatuan Dairi, Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu.


“KDRT menjadi sesuatu hal yang tabu bagi kalangan masyarakat sehingga banyak yang tidak melaporkannya. Marilah kita menjadi keluarga pelopor dan pelapor. Jika ada tetangga atau keluarga yang mengalami kekerasan, kita harus menjadi pelapor, saat ini sudah di zaman era keterbukaan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur dalam penurunan kasus KDRT khususnya di Dairi,” ujar Romy Mariani di acara itu.


Romy mengatakan sering dilakukan sosialisasi KDRT, namun faktanya tindak kekerasan semakin tinggi khususnya terhadap perempuan.


Menurutnya, kekerasan dalam rumah tangga sangat kompleks, dalam kehidupan suami istri, yang menyangkut hal yang terlihat maupun tidak terlihat.


Kepala Dinas Pemprperlappkb Dairi Ruspal Simarmata mengatakan saat ini tindak KDRT semakin tinggi, sehingga sosialisasi ini diharapkan akan kesadaran masyarakat semakin tinggi dalam hal mengatasi tindak kekerasan.


“Pemkab Dairi telah melakukan sosialisasi undang-undang terkait KDRT. Kiranya kita peduli terhadap tindakan kekerasan dalam rumah tangga khususnya kekerasan terhadap perempuan. Para perempuan sepertinya kurang peduli terhadap hak dan kewajibannya, dan hal ini harus terus diberikan edukasi sehingga perempuan dapat memahami,” ucap Ruspal.


Panitia menghadirkan narasumber Komisioner Komisi Nasional Perempuan Veryanto Sitohang.


Penulis : Rudi

Editor : Son