Iklan Header

Jumat, 23 Juni 2023, 08:43 WIB
Last Updated 2023-06-23T01:43:48Z
KaroKesehatanUsaid

Karo Masuk Program Usaid Momentum

Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting memberikan cindramata. (Foto/Istimewaa).

KARO, Kabanjahe – nduma.id


Kabupaten Karo Sumatera utara menjadi salah satu dari tiga kabupaten lain yang dilirik dalam Program Usaid Momentum.


Kamis 22 Juni 2023, Direktur Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Indonesia Jeff Cohen berkunjung ke Kabupaten Karo menindak lanjuti program itu.

 

Rombongan diterima langsung Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang yang diwakilkan oleh Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting di Ruang Rapat Bupati Karo.


Kabupaten Karo dikatakan sebagai salah satu wilayah kerja program USAID MOMENTUM Private Healthcare Delivery di Sumatra Utara.


“Atas nama Pemerintah Kabupaten Karo mengucapkan terimakasih atas dukungan USAID dan USAID Momentum, serta Pemerintah Kabupaten Karo ikut bersama menurunkan Angka Kematian ibu dan Bayi Baru Lahir. Karo Maju Karo the Best," kata Wabup.


Dia mengatakan Kabupaten Karo merupakan salah satu dari empat kabupaten di Sumatra Utara yang didukung oleh USAID melalui program MOMENTUM yang fokus dalam peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir di fasilitas kesehatan swasta.


RS Efarina Etaham adalah salah satu rumah sakit swasta yang mendapat pendampingan dari USAID Momentum.


Karena itu Theopilus Ginting berterima kasih atas terpilihnya Kabupaten Karo sebagai salah satu lokasi kerja USAID Momentum di Sumatra Utara.


Berharap kegiatan USAID Momentum dapat menekan tingkat kematian ibu dan bayi baru lahir di Karo.


Sementara Direktur USAID Indonesia Jeff Cohen dalam kunjungannya mengapresiasi kerjasama pemerintah Kabupaten Karo dalam mengupayakan penyelamatan ibu dan bayi.


“USAID mengapresiasi kepemimpinan dan komitmen Kabupaten Karo dan Rumah Sakit Efarina Etaham dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan,” kata Jeff Cohen.

 

Dia berharap kerjasama erat USAID dengan Pemerintah daerah dan rumah sakit swasta akan menyelamatkan lebih banyak ibu dan bayi,


“Khusunya di Kabupaten Karo dan provinsi Sumatra Utara.” tandasnya.


Direktur RS Efarina Etaham dr. Predy Roy mengungkapkan rasa syukur dengan terpilihnya rumah sakit yang dipimpinnya sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang mendapatkan pendampingan dari program USAID Momentum.


“Menjadi komitmen RS Efarina Etaham dalam memberikan mutu pelayanan kesehatan khususnya dalam upaya penyelamatan ibu dan bayi di Tanah Karo," ujar Roy.


Program USAID Momentum memulai kegiatannya di Kabupaten Karo pada Maret 2022 .


Dengan melakukan pengumpulan data dasar di beberapa fasilitas kesehatan swasta.


Hingga setengah tahun pertama 2023, program ini telah memberikan pendampingan kepada 3 rumah sakit swasta, diikuti oleh bantuan teknis untuk klinik swasta berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Karo.


Program ini juga mendukung pembentukan Kelompok Kerja (POKJA) Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir dan Anak dan mengadakan serangkaian pertemuan untuk menggalang dukungan dari pihak swasta untuk meningkatkan layanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir.


Saat ini, Kabupaten Karo sedang menyiapkan peraturan bupati untuk menurunkan kematian ibu dan bayi sejalan dengan agenda besar transformasi kesehatan dengan dukungan USAID Momentum.


Selain Kabupaten Karo, USAID Momentum juga turut mendukung tiga kabupaten lain di Sumatra Utara yaitu Kabupaten Deli Serdang, Asahan dan Langkat.


Program ini juga membangun kemitraan dengan dan memberikan bantuan teknis kepada 18 rumah sakit swasta di Sumatra Utara, serta akan mendukung penguatan integrasi layanan kesehatan primer melibatkan fasilitas kesehatan pemerintah dan swasta.


Penulis : Raden

Editor : Rudi