Iklan Header

Sabtu, 24 Juni 2023, 09:18 WIB
Last Updated 2023-06-26T02:18:41Z
DairiPertanianPupuk

Jajaki Pupuk Sampai ke Sleman, Perusahaan Respon Buat Demplot di Dairi

Bupati Dairi di Pabrik Pupuk cair hayati di Kabupaten Sleman. (Foto/Istimewa)

DAIRI - nduma.id


Menunjang pertanian di Kabupaten Dairi, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengunjungi salah satu perusahaan pupuk cair hayati di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Rabu 21 Juni 2023 lalu.


Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kabupaten Dairi, Robot Simanullang turut mendampingi Bupati Dairi.


Eddy mengatakan kunjungan ke salah satu perusahaan pupuk cair hayati, PT Indoraya Mitra Persada untuk menjajaki kerjasama atau sharing soal pupuk cair hayati.

 

Informasi yang diperolehnya pupuk cair disana sudah dipasarkan ke luar negeri seperti Jepang, Australia, Jordania, hingga negara lain dan mampu meningkatkan hasil pertanian para petani.


"Untuk itulah saya dan Dinas Pertanian kemarin berkunjung ke sana. Di sana kami mendapat penjelasan langsung dari perusahaan PT Indoraya Mitra Persada bagaimana fungsi pupuk cair hayati organik itu. Kami juga diajak melihat hasil pupuk cairnya," kata Bupati.


Kepala Dinas Pertanian Kpp Dairi Robot Simanullang mengaku hasil penjajakan itu pihak perusahaan merespon harapan Pemerintah Kabupaten Dairi.


Sebelum ada kerjasama, perusahaan terlebih dahulu membuat Demplot atau percontohan pupuk cair di KabupatenDairi.


Ini untuk memastikan produk mereka cocok untuk petani di Kabupaten Dairi.


Selanjutnya, jika hasilnya memuaskan maka kerjasama akan dilanjutkan.


Dan menurut Robot, pihak perusahaan sedang memikirkan di mana lokasi Demplot.


"Tapi pada prinsipnya mereka sangat setuju dibuat Demplot di Dairi. Nanti petani kita akan terlebih dahulu akan diajari bagaimana penggunaan pupuk cair hayatinya," jelas Robot.


Robot mengatakan, dalam kunjungan tersebut Bupati juga diajak melihat produk-produk perusahaan pupuk cair hayatinya.


"Kami di ajak melihat pabriknya langsung. Lalu kami juga diperlihatkan bagaimana mekanisasi pertanian menggunakan pupuk cair hayati yang dikembangkan mereka. Kami juga senang, respons mereka cukup baik. Semoga penjajakan kerjasama ini berhasil," ucapnya.


Penulis : Raden

Editor : Rudi