Pasien menggunakan Consule Box. (Foto/Istimewa).
DAIRI, Sidikalang - nduma.id
Rumah Sakit Umum Sidikalang Punya Aplikasi namanya RSUD Sidikalang.
Aplikasi ini dapat di download melalui playstore.
Salah satu kelebihannya masyarakat dapat mendaftar dari rumah dan mendapat nomor booking antrian untuk berobat ke RSUD Sidikalang melalui aplikasi ini.
“Pada 16 Juni 2022, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau SIMRS RSUD Sidikalang telah diresmikan Bupati Dairi Dr. Eddy Kaleng Ate Berutu,” kata Direktur RSUD Sidikalang Pesalmen Saragih, Senin (26/6/2023).
Aplikasi ini di harapkan bisa membantu tata kelola RSUD Sidikalang.
“Yang diharapkan dapat membantu tata kelola Rumah Sakit. Hingga sekarang, pendaftaran pasien yang hendak berobat dapat dilakukan secara online melalui anjungan mandiri atau console box, aplikasi “RSUD SIDIKALANG” yang diinstal melalui playstore atau melalui mobile JKN,” ujarnya.
Menurutnya Rumah Sakit harus memenuhi persyaratan lokasi, bangunan, prasarana, sumber daya manusia, kefarmasian dan peralatan yang dimuat dalam Undang-Undang No 44 tahun 2009 tentang rumah sakit pasal 7 ayat (1).
Pasal tersebut kemudian dijabarkan pada pasal 11 ayat (1) mengenai prasarana rumah sakit, yang dimaksud prasarana pada pasal 7 ayat (1) salah satunya adalah sistem informasi dan komunikasi.
“Manfaat yang diperoleh dengan menerapkan SIMRS akan mempermudah masyarakat/pasien melakukan pendaftaran pasien rawat inap dan rawat jalan melalui Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) yang bermanfaat untuk mengurangi kepadatan dalam antrian saat pelayanan berlangsung,” katanya.
Penerapan SIMRS disebutnya mengintegrasikan semua bagian atau unit secara otomatis sehingga mempercepat distribusi informasi dan tugas dimana penanganan medis dan non medis di rumah sakit dapat dilakukan dengan cepat.
Keuntungan lain penerapan SIMRS yaitu mengetahui ketersediaan kamar, memudahkan proses penganggaran (budgeting), memudahkan penghitungan stok obat, dan memudahkan penyusunan laporan kinerja dan keuangan.
“Hingga saat ini, pelayanan di RSUD Sidikalang masih berproses untuk meningkatkan pelayanan kami menjadi lebih baik, sehingga nantinya pasien dan masyarakat Dairi merasakan layanan yang terbaik dari RSUD Sidikalang,” katanya.
Penulis : Raden
Editor : Rudi