Iklan Header

Sabtu, 17 Juni 2023, 21:57 WIB
Last Updated 2023-06-17T14:57:35Z
AnomGanjarSiantar

ANOM Jilid IV Gelar Pendidikan Karakter dan Kebhinekaan Pancasila di Kalangan Pelajar Siantar

Foto bersama usai pendidikan karakter. (Foto/Istimewa).

Pematang Siantar - nduma.id


Orang Muda Ganjar (ANOM) cabang Pematang Siantar menggelar kegiatan  pendidikan karakter dan kebhinekaan berlandaskan Pancasila di cafe rasa sayang, dijalan Ahmad Yani, pematang Siantar, Jumat, 16 Juni 2023 kemarin. 


Kegiatan ANOM JILID IV itu dihadiri ouluhan pelajar tingkat SLTA dari berbagai jurusan. 


Kevin Lumban Gaol Selaku Koordinator OMG cabang Kota Pematang Siantar mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk mengedukasi kalangan pemuda agar tidak buta politik.


"Kehadiran pelajar ini menandakan kerinduan para pemuda pemudi untuk berkumpul dan membahas negara ini," katanya. 


Arianto Sitorus, selaku aktivis pemuda di kota Siantar yang kerap dipanggil "Bung" Itu  menjadi pemateri di kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pancasila adalah dasar dan ideologi bangsa Indonesia. 


Keputusan menjadikan   Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa Indonesia, bersifat final dan tidak bisa diubah-ubah lagi. 


Karena kesepakatan tersebut  diterima  dan diakui oleh para pendiri bangsa termasuk pemuka agama.


"Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki kedudukan sebagai pengatur penyelenggaraan negara dan seluruh warga negara Indonesia. Artinya, Pancasila berkedudukan formal dalam tatanan hukum negara Indonesia sebagai norma dasar atau aturan prinsip yang tidak dapat diubah," tegas Bung Arianto. 


Agus Marbun, salah seorang siswa yang hadir dalam kegiatan mengatakan, saya selaku siswa sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan ini. 


"Saya sangat berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan agar mampu memberikan edukasi yang baik bagi kami kawula muda" harap Agus. 


Chelsie selaku siswi mengatakan Ganjar Pranowo adalah tokoh favoritnya. 


"Saya berharap pak Ganjar Pranowo harus jadi presiden, Saya melihat kinerja pak Ganjar sangat baik ketika menjadi Gubernur Jawa Tengah. Kelak, ketika jadi presiden Indonesia, Pak Ganjar Pranowo akan memajukan bangsa dan Negara ini," tambah Chelsie. 


Rangkaian kegiatan ini diawali Registrasi peserta

kemudian perkenalan antara pembicara dengan peserta, dilanjutkan dengan acara pemaparan pendidikan karakter dan kebhinekaan berlandaskan Pancasila yang disampaikan langsung oleh Bung Arianto dihadapan pelajar. 


Dalam pemaparan para pelajar tampak sangat antusias. 


Usai pemaparan, dilanjutkan dengan  kuis dan bermain games kemudian diakhiri dengan acara hiburan dan penyerahan sertifikat kepada pelajar. 


Kegiatan itu  praktis membahas tentang karakter kebhinekaan berlandaskan Pancasila serta politik yang baik. 


Anak Muda harus berpendidikan secara politik. 


Idealisme pemuda tidak akan tergadaikan hanya dengan angin sorga para politikus, namun pemuda harus memiliki marwah dalam pilihan politik. 


Pemuda dapat melihat kedekatan Ganjar Pranowo terhadap kawula muda bangsa Indonesia  bahwasannya Ganjar Pranowo masih memiliki idealisme yang sama seperti para pemuda. 


"Maka dari itu, pemuda harus mengawal Bapak Ganjar Pranowo sampai beliau duduk menjadi Presiden kita  tahun 2024 - 2029, mari berpolitik tanpa basa-basi" tutup Kevin Lumban Gaol. 


Penulis : Ari

Editor : Rudi