Iklan Header

Minggu, 04 Desember 2022, 10:55 WIB
Last Updated 2022-12-11T03:57:44Z
DairiMenetri PertanianPertanian TerpaduSorgum

Wamentan di Pastikan ke Dairi Tanam Sorgum dan Panen Jagung

Bupati Dairi bersama Wamentan. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi pastikan hadir di Dairi pada Kamis, 8 Desember 2022.


Kehadiran Harvick dalam rangka pencanangan pertanian terpadu khususnya tanaman sorgum dan jagung di Kecamatan Tigalingga.


“Mudah mudahan bisa hadir,” kata Kepala Dinas Pertanian Dairi Robot Simanullang. Sabtu (3/12/2022).


Kepala Dinas Pertanian Dairi Robot Simanullang sudah bertemu pada Jumat, 2 Desember 2022 dengan Kementerian Pertanian di Jakarta.


Robot sengaja diutus Bupati Dairi untuk menindaklanjuti kunjungannya kepada Wakil Menteri minggu ke-2 bulan Desember.


Pertemuan dengan Kementerian Pertanian itu tindak lanjut dari pertemuan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dengan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi pada 15 November 2022 lalu.


“Dari hasil pertemuan saya dengan Pak Wamentan, beliau memastikan akan hadir ke Dairi pada tanggal 8 Desember 2022. Hal ini juga saya sampaikan langsung kepada bapak Bupati,” kata Robot.


Bupati Dairi Eddy Berutu mengatakan bahwa kunjungan Kepala Dinas Pertanian adalah untuk menindaklanjuti pembicaraan terdahulu antara Bupati Dairi dan Wamentan terkait rencana Kabupaten Dairi menjadi salah satu sentra tanaman sorgum di wilayah Sumatera Utara.


Ekosistem Dairi Agri Unggul yang sudah dikerjakan pada kawasan pertanian terpadu di Kecamatan Parbuluan akan diaplikasikan untuk kawasan pertanian terpadu di Kecamatan Tigalingga dengan komoditi jagung dan sorgum sesuai arahan Wamentan.


“Persiapan pencanangan sedang dilakukan oleh tim terpadu yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dairi bersama dinas pertanian ketahanan pangan, dan perikanan, dinas perindagkop dan UMKM, dinas lingkungan hidup serta dinas pekerjaan umum,” kata Eddy Berutu.


Sasaran utama ekosistem Agri Unggul dengan kawasan pertanian terpadu Parbuluan dan Tigalingga adalah untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan petani.


Penulis : Raden

Editor : Rudi