Iklan Header

Kamis, 08 Desember 2022, 15:20 WIB
Last Updated 2022-12-08T08:22:19Z
Kelompok TaniPenggemukan SapiSergai

Serdang Bedagai Punya Jasa Penggemukan Sapi

Penggemukan sapi di Desa Sarang Giting Kecamatan Dolok Masihul. (Foto/Ariadi)

SERGAI – nduma.id


Di Desa Sarang Giting Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara ada jasa Penggemukan Sapi yang di kelola Kelompok Ternak Sumber Jaya .


Masyarakat yang memiliki Sapi bisa menitipkan Sapinya kepada Kelompok Ternak Sumber Jaya  untuk penggemukan.


Biayanya murah hanya sebesar 300 ribu rupiah sampai 500 ribu rupiah per bulan per ekor, sesuai dengan berat Sapi.


Kamis (8/12/2022) Bupati Sergai H. Darma Wijaya meninjau langsung lokasi penggemukan Sapi di Desa Sarang Giting.


Penggemukan Sapi ini merupakan binaan dari Kelompok Ternak Sumber Jaya di Desa Banten, tujuannya untuk meningkatkan hasil daging yang baik, menjadikan Sapi lebih sehat dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat peternak.


“Sapi yang beratnya 200 Kg ke bawah akan diberikan uang cuma-cuma 300 ribu Rupiah per bulan dan Sapi yang beratnya sudah mencapai 200 Kg - 300 Kg ke atas akan diberikan dana sebesar 500 Ribu Rupiah per bulannya,” jelas Bupati didampingi Kepala Desa Bagan Kuala Safril.


Hanya saja Sapi yang dititipkan oleh warga nantinya harus dijual kepada Kelompok Ternak Sumber Jaya.


Saat ini ada 110 ekor Sapi di penggemukan itu dan semua kondisi sehat dan sebahagian milik warga yang dititipkan.


"Dan dari hasil penggemukan tersebut, ada satu ekor Sapi yang beratnya mencapai 700 Kg yang kini usianya baru 2 tahun. Jadi, masyarakat yang ingin menambahkan penghasilan tiap bulan, dapat menitipkan Sapi ke Kelompok Ternak Sumber Jaya,” ucap Darma Wijaya.


Ketua Kelompok Ternak Sumber Jaya Poniti mengungkapkan, penggemukan Sapi ini bisa terwujud berkat dukungan penuh dari Bupati Sergai.


Dengan adanya penggemukan Sapi ini, masyarakat peternak sangat terbantu dan bisa memperoleh tambahan penghasilan setiap bulannya.


Jumlah 110 ekor ini merupakan milik beberapa kelompok ternak.


“Nah, untuk meningkatkan beratnya, Sapi ini diberikan satu hari 3 kali, pagi Ampas,Sore Rumput dan malamnya Konsentrat. Untuk satu hari, saya harus menyiapkan 300 Kg hingga 400 Kg makanan Sapi agar pertumbuhannya lebih cepat. Selain makanannya diperhatikan, kandangnya juga harus dibersihkan setiap harinya sehingga tidak menimbulkan aroma tidak sedap,” kata Poniti.


Penulis : Raden

Editor : Rudi