Iklan Header

Kamis, 08 Desember 2022, 08:59 WIB
Last Updated 2022-12-11T02:03:32Z
DairiMenteri PertanianPertanian TerpaduSorgum

Bupati Dairi Cek Lokasi Tanam Sorgum Persiapan Sambut Wamentan

Bupati Dairi cek lokasi pertanian terpadu tanaman Sorgum. (Foto/Kominfo Dairi)

DAIRI, Tigalingga – nduma.id


Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu melakukan sejumlah persiapan kunjungan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia, Harvick Hasnul Qolbi.


Harvick dijadwalkan berkunjung ke Desa Lau Mil 9 Desember 2022 mendatang, dalam rangka pencanangan pertanian terpadu tanaman Sorgum dan Jagung di Kecamatan Tigalingga.


Rabu (7/12/2022), Bupati Dairi turun langsung meninjau lokasi penanaman Sorgum dan panen Jagung,


Lahan seluas 1,5 hingga 2 hektar akan dijadikan sebagai demonstration plot untuk Sorgum.


“Lahan sudah digemburkan, siap diolah karena ini adalah bekas lahan untuk tanaman jagung sebelumnya. Kita bersama masyarakat sudah bersepakat akan jadikan lokasi ini menjadi lahan ujicoba demonstrasi tanaman sorgum,” katanya.


Bupati meninjau langsung lokasi bersama asisten perekonomian dan pembangunan, JW Purba serta Kadis Pertanian, Robot Simanullang.


Mereka memastikan semua sudah siap, mulai dari petani, lahan dan infrastruktur pendukung lainnya.


“Sorgum ini komoditi penting yang sangat kaya, dan bermanfaat juga untuk bahan industri,” ujarnya.


Lokasi ini dipilih karena dari sisi Agroklimat dan ketinggian Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem, dan Gunung Sitember memang cocok untuk sorgum.


“Sekarang, tinggal adaptasi petani saja. Nanti kita akan sediakan offtaker untuk pembelian pasca panen. Kita akan dorong agar Kabupaten Dairi bisa jadi pusat sorgum di Sumatera. Lahan kita masih banyak bila diperlukan untuk pengembangan sorgum,” ujar bupati.


Bupati meminta doa dari masyarakat pencanangan dan penanaman bersama dengan Wamentan, dan bersama Forkopimda Sumut berjalan baik dan lancar dan hasilnya sukses.


Pencanangan penanaman Sorgum akan dirangkai dengan panen jagung bersama.


Turut serta dalam cek kesiapan lahan ini, Kadis Perhubungan, Parulian Sihombing, Camat Tigalingga dan Camat Gunung Sitember, PPL serta beberapa petani.


Penulis : Rudi

Editor : Yon