Iklan Header

Kamis, 28 April 2022, 14:28 WIB
Last Updated 2022-04-28T07:28:38Z
Dairi

Jelang Lebaran, PMS Salurkan 600 Paket Bahan Pangan di Dairi

Ketua Umum Pemuda Merga Silima Indonesia, Mbelin Brahmana memberikan paket. (Foto/PMS)

DAIRI, Sidikalang - nduma.id

Pemuda Merga Silima (PMS) Indonesia menyalurkan 600 paket bahan pangan kepada umat Muslim di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Rabu 27 April 2022 kemarin.

Ketua Umum Pemuda Merga Silima Indonesia, Mbelin Brahmana menyalurkan langsung paket itu di dampingi Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi Robert Ginting bersama pengurus lainnya.

Sebanyak 600 paket bahan pangan di bagikan kepada umat muslim.

Penyaluran paket merupakan bentuk bakti sosial menyambut lebaran.

“PMS ini organisasi kesukuan Karo yang mencintai kebhinekaan, keragaman adat, budaya, suku dan agama yang merupakan kekayaan Indonesia dan semua kita wajib menjaga dan memeliharanya," kata Mbelin Brahmana di Tigalingga.

Seluruhnya terdiri dari 87 paket dibagikan di mesjid telaga Zam – Zam Batang Beruh, 50 paket di Pesantren Sidiangkat, 63 paket di desa Bintang Marsada dan 400 paket untuk dibagikan kepada warga Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem dan Gunung Sitember.

Dikatakan Mbelin Brahmana kalau suku Karo memiliki adat budaya Rakut si telu, tutur si waluh, perkade – kaden 12 tambah 1.

“Dimana perkade – kaden sepuluh dua tambah sada ini merupakan suatu palas yang digunakan dalam setip adat Suku Karo, selain Merga Selima, Tutur Siwaluh, dan Rakut Sitelu,” tambah Ketum PMS.

Perkaden – kaden sepuluh dua tambah sada juga merupakan suatu hal sangat penting dalam system kekerabatan karo, karena di dalam perkade – kaden dua belas tambah sada ini terdiri dari panggilan dan juga tingkatan dalam suatu kekeluargaan di dalam Masyarakat Suku Karo.

Semantara, Ketua DPD PMS Kabupaten Dairi Robert Ginting menyampaikan, Pemuda Merga Silima Dairi hadir untuk menjadi wadah bagi orang Karo dan masyarakat dalam pengembangan budaya suku Karo mulai dari anak-anak sampai dewasa.

“Pemuda Merga Silima ini sahabat semua suku dan sahabat semua agama dan aliran kepercayaan, jadi misinya adalah merajut persahabatan demi persatuan dan kesatuan NKRI,” ucap Robert.

Robert menegaskan, bahwa Pemuda Merga Silima Dairi ini bukan organisasi politik.

“Pemuda Merga Silima Dairi adalah organisasi yang terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM, jadi PMS adalah organisasi resmi terdaftar dan diakui negara, jadi janganlah “jahat” dengan kami”, pungkasnya.(nd1)