Iklan Header

Kamis, 24 Maret 2022, 13:46 WIB
Last Updated 2022-03-24T06:47:40Z
Daerah

Beasiwa Kuliah di Cina, Bupati Dairi Titip 12 Pelajar Dairi ke DPM

Bupati Dairi ikut secara virtual, pengumuman beasiswa DPM 2021/2022 dan peresmian awal program pendidikan beasiswa. (Foto/Istimewa)

DAIRI, Silima Pungga-pungga – ndum.id

PT. Dairi Prima Mineral (DPM) melanjutkan komitmennya untuk memberikan beasiswa pendidikan ke negeri China kepada generasi muda di kawasan lingkar tambang.

Program ini sudah di lakukan sejak 2019 lalu.

Tujuannya untuk membangun dan mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia generasi muda Dairi, khususnya yang berada di daerah lingkar tambang.

Dua belas nama itu adalah Dumora Tambunan, Alfin Damanik, Arif Sigalingging, Forboy Siagian,Irwanto Sitorus, Kevin Manurung, Nico Topak Marpaung, Torang Triperto Sinaga, Uba Jumadi Hutagaol, Vani Purba, Wendy Risky Sirait, dan Windra L. Sihombing.

Dari 12 nama itu, Dumora Tambunan adalah satu satunya siswi yang beruntung.

“Semalam pengumuman resmi beasiswa DPM 2021/2022 dan peresmian Awal program pendidikan Guangdong Polytechnic of Industry and Commerce (GDPIC) Program Studi Diploma in Mechanical Manufacture and Automation” tulis Hendra Kurniawan, GM-HR PT. DPM melalui pesan WhatsApp, Kamis, (24/3/2022).

Pengumumuman di gelar virtual Rabu kemarin 23 Maret 2022 oleh DPM dan pihak China, yaitu NFC dan GDPIC dimulai jam 13.30 WIB, dihadiri Presiden Direktur DPM dan Direksi DPM, Direktur NFC bidang Human Resources, Pendidikan & Pelatihan, Bupati Dairi, Rektor GDPIC dan semua Direkur dan Kepala Bagian Guangdong Polytechnic of Industry & Commerce serta 12 siswa terpilih.  

Dari rilis yang di terima nduma.id, Presiden Direktur DPM diwakili salah satu Direksi, Mr. Wang Bing, menyampaikan kalau 12 kandidat pendaftar program beasiswa DPM 2021/2022 semua berhasil lolos seleksi.

Mr. Wang Bing berharap para pelajar ini bisa mendapat ilmu dan pengalaman selama kuliah dan berhasil sukses hingga selesai program.

Sebagai perusahaan hasil kerja sama China-Indonesia, DPM dikatakan selalu berkomitmen untuk mendukung pembangunan sosial dan ekonomi di Dairi, mendorong pertumbuhan ekonomi dan kerjasama yang bersahabat antara dua bangsa.

Dalam beberapa tahun terakhir, dengan dukungan dari Pusat Telenta NFC dan berbagai perguruan tinggi dan universitas dari China, DPM telah melakukan berbagai bentuk pelatihan, pertukaran dan pendanaan pelajar di wilayah proyek Dairi.

Melalui DPM, Pemkab Dairi dan komunitas-komunitas setempat di Dairi diharapkan bisa semakin bekerjasama untuk mampu meningkatkan kualitas SDM, menyuntikkan kekuatan dan semangat baru dalam pembangunan ekonomi daerah,

Mr. Wang Bin juga menitipkan beberapa harapan kepada para pelajar yang  terpilih dalam program beasiswa, untuk bisa menghargai kesempatan belajar di luar negeri.

GDPIC merupakan perguruan tinggi kejuruan yang sangat bagus di China. GDPIC berada di garis terdepan China dalam konsep menjalankan visi misi sekolah, kualifikasi perangkat keras di sekolah, dan kualitas guru pengajar.

Semua pelajar penerima beasiswa harus mampu belajar keras dan menguasai keterampilan teknis untuk menjadi fondasi yang kuat berkarir di masa. Para pelajar ini adalah jembatan kerjasama persahabatan antara China dan Indonesia, menjalin pertemanan lebih banyak, memperdalam pemahaman tentang sosial budaya China, serta menjadi duta promosi dan jembatan pertukaran budaya antar dua negara kerjasama dan persahabatan.

Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan apresiasi karena meski dalam masa pandemic, Pemkab Dairi dan DPM bisa melaksanakan acara secara virtual dalam rangka pengumuman resmi sekaligus launching dimulainya program Beasiswa DPM 2021/2022 Pendidikan di Guangdong Polytechnic of Industry and Commerce (GDPIC) bagi 12 siswa/i Dairi unggulan yang berasal dari lingkar tambang Kecamatan Silima Pungga Pungga.

“Program ini terlaksana atas kepedulian DPM kepada masyarakat sekitar tambang yang nantinya diharapkan anak-anak penerima beasiswa DPM ini bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mendapatkan pengalaman secara menyeluruh sehingga setelah menyelesaikan Pendidikan mampu berkompetisi dan memberikan sumbangsih nyata untuk kabupaten Dairi,” kata Bupati.

Pemkab Dairi dikatakan sangat berharap banyak kepad DPM dalam pemberian beasiswa.

“ Harapan kita ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun, tidak hanya terbatas kepada anak-anak di sekitar lokasi tambang tetapi anak-anak lain yang ada di Kabupaten Dairi dengan jumlah yang lebih banyak,” sebut Eddy Berutu.

Dia yakin dengan kehadiran DPM di kabupaten Dairi akan memberikan harapan baru bagi masyarakat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan apalagi dapat mencicipi Pendidikan international di China.

Ucapan terima kasih disampaikan Eddy Berutu kepada jajaran Direksi dan manajemen DPM, NFC, juga kepada Kepala Sekolah dan jajaran manajemen GDPIC atas atensi yang diberikan kepada Pemkab Dairi, sembari menyampaikan.

“Kami titipkan anak-anak kami kepada Bapak Ibu,” tungkas Bupati. (red)